Cocos Bio
Vol 3, No 1 (2018): Cocos Bio

PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMPN 4 AIKMEL

Yusri Yusri (Pendidikan Mipa Program Studi Pendidikan Biologi)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2018

Abstract

Pelajaran IPA, khususnya pelajaran IPA (biologi) merupakan salah satu pelajaran  yang  dianggap  membosankan oleh  beberapa  bahkan sebagian  besar siswa kelas VII di SMPN 4 Aikmel, yang mengakibatkan rendahnya aktivitas belajar mereka. Ditambah lagi dengan pembelajaran yang digunakan oleh guru masih didominasi oleh proses pembelajaran dan pendekatan pembelajaran yang bersifat konvensional, seperti ceramah dan menjawab soal-soal latihan. Guru juga mengalami kesulitan dalam memilih model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat belajar secara aktif. Berdasarkan kondisi ini, guru dituntut untuk berusaha meningkatkan kualitas belajar pembelajaran IPA (biologi) yang masih tergolong rendah   itu.   Berdasarkan   kondisi   di   atas,   guru   dituntut   untuk   berusaha meningkatkan kualitas belajar pembelajaran IPA (biologi) yang masih tergolong rendah itu. Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas belajar siswa pada   pembelajaran  IPA  kelas   VII   SMPN  4   Aikmel  tahun  pembelajaran2014/2015.Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 4 Aikmel tahun pembelajaran 2014/2015 dibagi menjadi kelas eksperiman 30 orang dan kelas kontrol 26 orang. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian, peneliti menggunakan analisis uji t. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat  disimpulkan bahwa berdasarkan analisis data uji t (t-test) diperoleh harga t hitung = 148,96 lebih besar dari t tabel  = 1,684 atau 148,96 1,684 dengan dk = (n1 + n2 - 2 ) dan taraf signifikan 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap aktivitas  belajar  siswa  pada  pembelajaran  IPA  (biologi)  kelas  VII  SMPN  4Aikmel

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

cob

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Dentistry Education

Description

Kurikulum biologi pada berbagai jenjang pendidikan; Biologi murni dan implementasinya dalam pembelajaran; Pembelajaran biologi dengan model inovatif pada berbagai jenjang pendidikan; Penelitian eksperimen, penelitian tindakan kelas, dan penelitian pengembangan dalam pembelajaran biologi; Hasil ...