Jurnal Ilmu Komunikasi AKRAB
Vol. 6 No. 2 (2022): APRIL

PERAN SUTRADARA DALAM MENGOPTIMALKAN VISUAL YANG DINAMIS DAN ESTETIS PADA PRODUKSI FEATURE “LURIK DALAM EKSISTENSINYA”

Riska Setyawati (Unknown)
Dwi Nurrahmi Kusumastuti (Unknown)
Sari F. Nainggolan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Karya Praktik Terpadu feature ini berjudul Lurik Dalam Eksistensinya. Programfeature televisi ini memuat tentang kain tenun lurik. Salah satu warisan budaya Indonesiaberupa kain tradisional yang sampai saat ini masih digunakan. Feature ini menampilkaninformasi seputar eksistensi kain tenun lurik saat ini, dari segi budaya, ekonomi, hinggamilenial. Eksistensi dari segi budaya nya, yaitu menjelaskan lurik yang digunakan diKeraton, salah satunya yaitu pakaian abdi dalem. Dari segi ekonominya, feature ini berisitentang seputar penjualan tenun lurik di pasar tradisional maupun toko/butik saat ini.Sedangkan dari segi milenialnya memuat informasi tentang perkembangan tenun luriksaat ini. Mayoritas orang-orang mengetahui kain tenun lurik hanya digunakan di Keratonatau untuk kepentingan adat saja, padahal kain tenun lurik kini mulai dikreasikanberbagai macam karya sehingga bisa digunakan kapan saja diluar kepentingan adat.Peran sutradara dalam memproduksi feature ini adalah dengan mengoptimalkan visualyang dinamis dan estetis. Pengoptimalan ini bertujuan untuk memberikan informasidengan menyuguhkan tayangan yang bisa dinikmati dengan baik terutama dari segivisualnya, sesuai dengan objek yang ada didalam karya ini yaitu sebuah karya seni rupa,yang bisa kita nikmati keindahannya melalui visualnya. Karya ini dikemas dalam durasi 24menit sudah termasuk bumper dan credit tittle. Feature “Lurik Dalam Eksistensinya” inimemiliki pesan untuk selalu menjaga dan melestarikan warisan budaya kita. Dengandimulai dari diri kita sendiri. Karena kalau bukan kita siapa lagi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AKRAB

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi AKRAB adalah terbitan ilmiah berkala yang terbit dua kali setahun pada bulan Oktober dan April. Jurnal ini fokus pada bidang ilmu komunikasi dalam bentuk akumulasi pengetahuan baru, pengamatan empiris atau hasil penelitian, dan pengembangan gagasan ...