Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis
Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis

Peranan Marketplace dalam Upaya Meningkatkan Pangsa Pasar pada Kampung Tas dan Ransel Desa Margahayu Tengah Kabupaten Bandung

Firman Asriadi (Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winayamukti)
Rakhmia Nalibratawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Dalam upaya memacu perkembangan dan pertumbuhan pelaku usaha kecil,diperlukan suatu cara atau metode tertentu untuk meningkatkan penjualan mereka.Salah satu upaya yang dilakukan adalah memanfaatkan media digital yang telahberkembang pesat penerapannya secara online oleh banyak pelaku usaha.Permasalahan yang muncul adalah bagaimana memilih dan menentukan mediayang paling efektif dalam rangka meningkatkan aktivitas pemasaran sehinggaomzet penjualan dapat meningkat secara signifikan. Untuk menjawabpermasalahan tersebut, penelitian ini bermaksud untuk mencoba menguji agardapat menemukan dan menetapkan media digital (marketplace) yang terbaik untukmedia pemasaran pelaku usaha tersebut, sehingga kegiatan pemasaran pelaku usahakecil dapat berjalan dengan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalahmetode deskriptif, yaitu penelitian untuk membuat gambaran umum mengenaisituasi atau kejadian. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk data primeradalah dengan cara observasi dan wawancara, sedangkan untuk data sekunderberdasarkan studi kepustakaan. Untuk membuktikan efektifitas media pemasarandigital berupa marketplace, maka diperlukan subyek penelitian yaitu pelaku usahakecil yang terlibat langsung dengan pemasaran online, pendekatan wawancara dantingkat keberhasilan mereka dalam penggunaan media digital (marketplace)tersebut. Melalui penelitian ini diharapkan pelaku usaha kecil dapat memilih secaraefektif penggunaan media digital (marketplace) dalam kegiatan pemasaran merekasehingga omzet penjualan mereka dapat meningkat. Penelitian mengambil lokasiatau obyek penelitian di Kampung Tas dan Ransel Desa Margahayu TengahKabupaten Bandung. Mengingat perilaku konsumen dan sosial budaya di kampungtersebut berbeda antara para pengrajin, tentunya harus dapat diukur atau diuji,apakah ada hubungan linier secara signifikan pemanfaatan marketplace dalamupaya peningkatan kegiatan pemasaran dan penjualan produk pelaku usaha.Kata kunci: Marketplace, Pelaku usaha kecil, Pangsa Pasar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

prestise

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

The Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis is open access and peer-reviewed journal dedicated to publishing original research papers based on social services regarding Islamic economics and business issues. This journal is likewise committed to making the articles it ...