Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 3 No. 3 (2023): Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Student-Student Interaction: Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad Ke-21 Peserta Didik

Rosfiani, Okta (Unknown)
Cecep Maman Hermawan (Unknown)
Putri Ratu Bilqis El Amini (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2023

Abstract

Keterampilan abad ke-21 terdiri dari keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, kreativitas dan inovasi, kolaborasi, dan komunikasi yang harus dimiliki peserta didik agar mampu menghadapi tantangan masa depan. Student-student interaction merupakan strategi pembelajaran yang diharapkan memajukan pemahaman siswa dan berdampak pada kepuasan siswa. Ada kekurangan penelitian empiris untuk model pembelajaran student-student interaction dalam meningkatkan keterampilan abad ke-21 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan keterampilan abad ke 21 pada siswa kelas V. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumen yang dilakukan kepada partisipan guru dan siswa kelas V MI. Data dianalisis menggunakan analisis teks, dan divalidasi melalui triangulasi. Temuan menunjukkan, strategi student-student interaction dapat diadopsi untuk meningkatkan keterampilan abad ke-21 siswa, namun perbedaan karakteristik, latar belakang, serta kesiapan belajar siswa perlu dipertimbangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...