Semua siswa bisa memilikii hambatan secara akademis, sosial, dan profesional. Salah satu masalahnya adalah mengetahui kemampuan dirinya sendiri sehubungan dengan pekerjaan dan orientasi masa depan. Siswa dapat menghindari masalah dalam perencanaan karir dengan belajar tentang profesi yang relevan dengan bidang pilihannya. Tujuan penelitian ini untuk membahas layanan bimbingan karir sebagai strategi penguatan perencanaan karir bagi siswa. Untuk penelitian ini, menggunakan tinjauan literatur untuk mengumpulkan data primer dari literatur yang relevan dan didukung oleh sumber sekunder untuk digunakan dalam memenuhi prosedur dalam analisis data. Hasil penelitian ini, layanan bimbingan karir menjadi salah satu alternatif yang ditawarkan dalam bimbingan dan konseling untuk membantu mahasiswa dalam menentukan pilihan terbaik, khususnya pada tahap perencanaan karir, sehingga siswa bisa mereduksi kesalahan dalam pemilihan karir dan siswa memiliki kemantapan karir untuk masa depannya
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022