Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan literasi membaca peserta didik selama belajar dari rumah pasca pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SDN Inpres 2 Lasoani dengan penentuan sampe menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh peserta didik kelas V dan wali kelas V sebagai sampel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan wawancara. Dalam menganalisis data penelitian, teknik yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat literasi membaca peserta didik pasca pandemi Covid-19 di SDN Inpres 2 Lasoani kelas V berada pada kategori rendah dengan rata-rata persentase yaitu 48,72%. Rendahnya tingkat literasi membaca peserta didik setelah pandemi Covid-19 di SDN Inpres 2 Lasoani disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk kurangnya kegiatan membaca di rumah, kurangnya stimulus untuk minat baca dan keterbatasan sumber daya literasi yang disediakan oleh orang tua.
Copyrights © 2023