SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2016)

Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis dengan Menggunakan Model Pembelajaran Arias

Eka Khairani Hasibuan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Jozua Sabandar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dadan Dasari (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2022

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance Relevance Interest Assessment Satisfaction) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent pre-test and post control group design. Populasinya, yaitu seluruh siswa SMP kelas VII di salah satu SMP Negeri di Bandung. Adapun sampelnya terdiri dari 37 siswa kelas ARIAS (kelompok eksperimen) dan 35 siswa kelas konvensional (kelompok kontrol). Masalah yang diteliti yaitu peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa. Analisis kuantitatif menggunakan independent sample t-test, Mann-Whitney test, sedangkan analisis kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran ARIAS lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Abstract. The aims of this research are intended to examine the effect of ARIAS learning model toward the increase of student’s mathematical understanding ability. The research utilized nonequivalent pre-test and post control group design. The population of this research are students of grade seven from one junior high school in Bandung. As concern, the sample comprised of 37 students in ARIAS class (experiment group) and 35 students in conventional class (control group). The research problem are to improve mathematical understanding ability. The quantitative analysis is used independent sample t-test, Mann-Whitney test, while qualitative analysis is used descriptive one. The result shows better increasing mathematical understanding ability by using ARIAS learning model than by using conventional teaching.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

SIGMADIDAKTIKA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Diterbitkan sejak Juli 2012 oleh Program Studi Pendidikan Matematika - Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Pendidikan Indonesia, bekerja sama dengan Himpunan Peneliti dan Pendidik Matematika Indonesia (HiPPMI). Terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...