Causalita: Journal of Psycology
Vol 1 No 4 (2024): CAUSALITA: Journal of Psychology

PERSEPSI SISWA SMA PEREMPUAN TERHADAP PUNISHMENT YANG DIBERIKAN OLEH GURU DI SEKOLAH: STUDI INDIGENOUS PSYCHOLOGY

Dilanov, Ramadhano Twento (Unknown)
Andri, Zakwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Punishment merupakan pemberian stimulus oleh guru yang tidak menyenangkan atas konsekuensi yang dilakukan oleh siswa yang dinilai buruk atau melanggar. Tujuan dari diberikannya punishment adalah untuk menumbuhkan rasa jera atas Tindakan atau perbuatan negatif siswa, mencegah terjadinya sebuah pelanggaran, serta memberikan motivasi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang konsep hukuman yang didapatkan oleh siswa Perempuan, ditinjau dari persepsi siswa sebagai hukuman yang disukai dan tidak membuat siswa terbebani. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi indigenous (Indigenous Psychology Approach) dengan jumlah partisipan sebanyak 255 orang siswa SMA kelas XI yang berada di wilayah kota Bukittinggi.data yang dikumpulkan menggunakan Teknik Open Ended Questions. Hasil penelitian ini ditemukan siswa perempuan memiliki pandangan bahwasannya ada hukuman yang mereka sukai. Dengan demikian, guru dapat mempertimbangkan kembali,  punishment seperti apa yang dapat diberikan agar siswa tidak mengulangi perbuatan yang negatif dan memiliki rasa jera atas Tindakan yang mereka lakukan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cs

Publisher

Subject

Physics Other

Description

Causalita: Jurnal psikologi menerbitkan artikel ilmiah yang berkaitan dengan psikologi, berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian literatur. Jurnal ini menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa ...