Artikel ini adalah hasil penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan model silabus bahasa Inggris yang berperspektif multikultural. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan mengambil Mahasiswa sebagai responden yang dipilih secara acak. Data diambil dengan menggunakan angket, wawancara dan analisis dokumen silabus. Angket diberikan kepada mahasiswa dan wawancara terstruktur dilakukan kepada Dosen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik kualitatif dan teknik analisis isi. Hasil Penelitian ditemukan bahwa silabus bahasa Inggris yang digunakan di menggunakan silabus gramatikal, dan pembelajaran berfokus pada grammatikal. Pengajaran bahasa Inggris di PAI lebih ditekankan pada bentuk pengajaran gramatika bahasa. Berdasarkan hasil analisis isi dokumen silabus dan kebutuhan mahasiwa, maka dikembangkan silabus bahasa Inggris dengan mengintekrasikan persfektif multikultural dalam topik, materi ajar dan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa, dosen dan pakar memiliki persamaan persepsi positif terhadap silabus yang dikembangkan dan dapat meningkatkan keahlian bahasa Inggris mahasiswa. Kata Kunci: Multikultural, Silabus dan Pembelajaran Bahasa Inggris
Copyrights © 2017