Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman
Vol 4 No 1 (2017): Januari - Juni 2017

MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERDASARKAN PERSPEKTIF MULTIKULTURAL

Naf'an Tarihoran (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2017

Abstract

Artikel ini adalah hasil penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan model silabus bahasa Inggris yang berperspektif multikultural. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan mengambil Mahasiswa sebagai responden yang dipilih secara acak. Data diambil dengan menggunakan angket, wawancara dan analisis dokumen silabus. Angket diberikan kepada mahasiswa dan wawancara terstruktur dilakukan kepada Dosen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik kualitatif dan teknik analisis isi. Hasil Penelitian ditemukan bahwa silabus bahasa Inggris yang digunakan di menggunakan silabus gramatikal, dan pembelajaran berfokus pada grammatikal. Pengajaran bahasa Inggris di PAI lebih ditekankan pada bentuk pengajaran gramatika bahasa. Berdasarkan hasil analisis isi dokumen silabus dan kebutuhan mahasiwa, maka dikembangkan silabus bahasa Inggris dengan mengintekrasikan persfektif multikultural dalam topik, materi ajar dan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa, dosen dan pakar memiliki persamaan persepsi positif terhadap silabus yang dikembangkan dan dapat meningkatkan keahlian bahasa Inggris mahasiswa. Kata Kunci: Multikultural, Silabus dan Pembelajaran Bahasa Inggris

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

saintifikaislamica

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

FOCUS : Religious Studies and Islamic Education SCOPE : Development of Democracy and Moderation of Islam in Indonesia Globalization and Contemporary Religious Social Phenomena Islamic spirituality, religious values, and local wisdom issues Islamic Education Evaluation, Policy and Curriculum Islam, ...