Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika

KOMPARASI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CORE DAN STAD DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI DAN PENALARAN MATEMATIS

Herlingga Putuwita Nanmumpuni Putuwita Nanmumpuni (Unknown)
Endang Listyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi efektivitas model pembelajaranConnecting Organizing Reflecting Extending (CORE) dan Student Team Achievement Division(STAD) ditinjau dari kemampuan koneksi dan penalaran matematis siswa kelas VII SMP. Jenispenelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest posttest group design. Populasidalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salam yang terdiri dari 6 kelas. Sampelpenelitian yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen 2.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan: (1) model CORE efektifditinjau dari kemampuan koneksi matematis, (2) model CORE efektif ditinjau dari kemampuanpenalaran matematis, (3) model STAD efektif ditinjau dari kemampuan koneksi matematis, (4) modelSTAD efektif ditinjau dari kemampuan penalaran matematis, (5) model CORE lebih efektif daripadamodel STAD ditinjau dari kemampuan koneksi matematis, (6) model CORE sama efektifdibandingkan dengan model STAD ditinjau dari kemampuan penalaran matematis.Kata kunci: model pembelajaran CORE, model pembelajaran STAD, kemampuan koneksi matematis,kemampuan penalaran matematis

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...