Technological Pedagogical Content Knowledge
Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (October, 2018)

PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN AUTHENTIC INQUIRY LEARNING BERBASIS PEDAGOGY FOR SUSTAINABILITY TERHADAP ENVIRONMENTAL LITERACY DOMAIN KNOWLEDGE DAN DISPOSITIONS PESERTA DIDIK SMP

Ana Lestari (Unknown)
Susilowati Susilowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA menggunakan pendekatan authentic inquiry learning berbasis pedagogy for sustainability terhadap environmental literacy domain knowledge peserta didik SMP, terhadap environmental literacy domain dispositions peserta didik SMP, dan terhadap environmental literacy domain knowledge dan dispositions peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Wates tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan pendekatan authentic inquiry learning berbasis pedagogy for sustainability dan pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Data environmental literacy domain knowledge diperoleh dari pretest dan posttest, sedangkan data environmental literacy domain dispositions diperoleh dari angket dan lembar observasi. Analisis yang digunakan adalah uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan authentic inquiry learning berbasis pedagogy for sustainability berpengaruh terhadap: (1) environmental literacy domain knowledge sebesar 28%, (2) environmental literacy domain dispositions sebesar 14,8%, dan (3) environmental literacy domain knowledge dan dispositions sebesar 42,8%.Kata kunci: authentic inquiry learning, environmental literacy, pedagogy for sustainabilityAbstract

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ipa

Publisher

Subject

Education

Description

The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science ...