Technological Pedagogical Content Knowledge
Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018)

PERBEDAAN LKPD BERBASIS SIKLUS BELAJAR LAWSON DAN 5M TERHADAP KETERAMPILAN INVESTIGASI DAN HASIL BELAJAR

Galih Widi Astuti (Unknown)
Zuhdan Kun Prasetyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan LKPD IPA berbasis Siklus Belajar Lawson dan 5M terhadap (1) keterampilan investigasi dan (2) hasil belajar kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan non-equivalent pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan pemilihan secara acak (cluster random sampling) sehingga diperoleh kelas VIII E SMPN 1 Sewon sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan LKPD berbasis Siklus Belajar Lawson dan kelas VIII H SMPN 1 Sewon sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan LKPD berpendekatan 5M. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pada penggunaan LKPD berbasis Siklus Belajar Lawson dan berpendekatan 5M terhadap (1) keterampilan investigasi peserta didik dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 dan (2) hasil belajar kognitif peserta didik dengan taraf signifikansi sebesar 0,000.Kata kunci : LKPD IPA, Siklus Belajar Lawson, 5M, Keterampilan Investigasi, Hasil Belajar Kognitif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ipa

Publisher

Subject

Education

Description

The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science ...