Sejak direnovasinya Stasiun Wojo pada tahun 2019, rute Yogyakarta – Wojo mengalami peningkatan penggunaan rel kereta api yang mengakibatkan tingginya resiko keterlambatan dan kecelakaan pada jalur tersebut. Rute tersebut meliputi Stasiun Wojo, Wates, dan Yogyakarta. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan jadwal kereta api yang baik pada rute Yogyakarta – Wojo. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimumkan waktu perjalanan KA Bandara YIA dan Prameks dengan cara meminimumkan waktu keterlambatan menggunakan Metode Branch and Bound. Hasil dari perhitungan tersebut akan disusun menjadi jadwal yang baru untuk rute Yogyakarta – Wojo. Selain itu, Metode Revised Simplex juga digunakan dalam menyelesaikan model matematika permasalahan tersebut. Model yang digunakan adalah program linier integer murni. Sebanyak 34 dari 94 perjalanan kereta api yang melintas rute Yogyakarta – Wojo dijadikan sebagai bahan penelitian. Diperoleh hasil perhitungan bahwa dua kereta api yang mengalami keterlambatan dengan total waktu sebesar 6 menit, yaitu KA 506F dan KA 508F. Hasil tersebut menunjukkan 32 kereta api lainnya dapat dioptimumkan waktu perjalanannya dengan baik. Jadwal optimal yang diperoleh menunjukkan bahwa Metode Branch and Bound dapat mengoptimalkan waktu perjalanan KA Bandara YIA dan KA Prameks sebesar 12,76%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022