Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan media filter instagram berbasis augmented reality pada teori domain elektron (VSEPR) oleh guru, mengetahui keterbacaan media filter instagram berbasis augmented reality oleh siswa, dan mengetahui respon siswa terhadap pengaruh penggunaan media pada minat belajar kimia. Pengembangan media filter instagram berbasis augmented reality dengan menggunakan model 4-D, meliputi tahap pendefinisain, perancangan, pengembangan, penyebaran. Produk awal penelitian ditinjau oleh ahli materi dan ahli media. Produk yang telah ditinjau berdasarkan masukan ahli, produk diuji kepraktisan oleh lima orang guru dan tiga teman sejawat, serta diuji keterbacaan oleh dua puluh siswa dari SMA Negeri di Kecamatan Bengkong, Batam. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kepraktisan media oleh guru 143 dari skor maksimal 160 dengan persentase keidealan 89,875% dengan kategori sangat baik dan skor rata-rata keterbacaan media oleh siswa 101 dari skor maksimal 115 dengan persentase keidealan 87,826% dengan kategori sangat baik. Media dapat menarik minat siswa, mempermudah siswa dalam memvisualisasikan dan mempelajari materi bentuk molekul.
Copyrights © 2023