Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan berpikir analitis siswa serta menganalisis perubahan kemampuan berpikir analitis kimia siswa sebelum dan setelah penerapan model POGIL pada materi konsep asam basa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling dan melibatkankan dua kelas penelitian. Data dianalisis dengan uji Mann-Whitney untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran POGIL terhadap kemampuan berpikir analitis siswa, sedangkan Uji Wilcoxon Signed Rank digunakan untuk menganalisis perubahan kemampuan berpikir analitis siswa pada sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis siswa yang dibelajarkan dengan model POGIL. Analisis data juga menunjukkan adanya perbedaan keterampilan berpikir analitis yang signifikan pada siswa sebelum dan setelah pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran POGIL dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa SMA pada materi konsep asam basa.
Copyrights © 2024