Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penggunaan media Youtube (ChemTube) dan tanpa penggunaan media Youtube (ChemTube) terhadap hasil belajar siswa, serta level pencapaian hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA N 1 Talun, Blitar pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan post-test only design. Penelitian dilakukan di SMA N 1 Talun, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Sampel berjumlah 72 siswa dari kelas X MIPA yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diambil adalah data skor post-test materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes yaitu post-test yang terdiri dari 25 butir soal objektif. Pelaksanaan post-test dilakukan secara daring melalui platform google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar (kognitif) antara pembelajaran dengan menggunakan media Youtube (ChemTube) dan tanpa menggunakan media Youtube (ChemTube). Level pencapaian hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMA N 1 Talun, Blitar dalam materi larutan elektrolit dan nonelektrolit berada dalam kategori sedang dengan persentase 65,2%.
Copyrights © 2023