Salah satu kebudayaan Indonesia yang bersaing dengan arus globalisasi adalah batik. Besarnyakunjungan wisatawan ke Indonesia dapat menjadi peluang untuk mengenalkan batik sekaligusmelakukan edukasi pada wisatawan tentang motif batik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanbagaimana pembuatan aplikasi Augmented Reality khususnya batik dengan ragam hias geometris danmemvisualisasikan motif tersebut dalam bentuk 3D. Aplikasi ini berupa prototype yang dibuatmenggunakan metode marker based tracking dengan Unity 3D sebagai pembangunnya. Marker berupapotongan gambar motif batik Ceplok, Kawung, Nitik dan Parang yang dibuat dalam bentuk buku saku.Objek 3D yang ditampilkan berupa motif batik dalam bentuk kerangka dan pejal. Objek dapat dilihatdari berbagai sudut dengan cara memutar objek ke atas-bawah maupun ke kanan-kiri. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan Usability (3,55)termasuk kriteria sangat baik, Correctness (3,18) dan Reliability (3,25) termasuk kriteria baik,Efficiency (2,82) dan Portability (2,93) termasuk kriteria cukup baik. Pola 3D yang terdapat padaaplikasi memiliki tingkat kemiripan yang baik ditunjukkan dengan motif Kawung (3,8), Nitik(3,8),Parang(3,33) termasuk dalam kriteria sangat baik, motif Ceplok(3,13) termasuk kriteria baik. Sudutpandang yang menarik serta mudah dikenali adalah dengan merotasi objek terhadap sumbu z 45o danterhadap sumbu y 30o , z 45o.
Copyrights © 2016