AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dengan pendekatan berbasis masalah padamateri himpunan untuk siswa SMP kelas VII dan mengidentifikasi kualitas dari bahan ajar yang telahdikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembanganADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian iniadalah satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu guru matematika dan siswa kelas VIIA di SMPTerpadu Ma’arif Muntilan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kualitasbahan ajar untuk ahli materi dan ahli media, angket respon guru, serta angket respon siswa.Pengembangan bahan ajar menerapkan tahapan pendekatan berbasis masalah yaitu penyajian masalahdi awal, pengekplorasian masalah, pendiskusian hasil penyelesaian, penarikan kesimpulan serta penyajianhasil penyelesaian.Hasil penilaian kualitas bahan ajar adalah sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil penilaianoleh ahli materi rata-rata total adalah 3,56 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahlimedia diperoleh rata-rata total 2,93 dengan kriteria baik sehingga bahan ajar dikategorikan valid. (2)Berdasarkan angket respon siswa, diperoleh rata-rata total 3,06 dengan kriteria baik sehingga bahan ajardikategorikan praktis. (3) Berdasarkan hasil tes siswa diperoleh persentase jumlah ketuntasan siswa adalah90% sehingga bahan ajar dapat dikategorikan efektif.Kata kunci:Pengembangan bahan ajar, Pembelajaran berbasis masalah, HimpunanAbstractThis research is aimed to produce learning material of sets using problem based learning approachfor 7thgrade junior high school students and to identify the quality of the developed learning materialbased on validity, practicality, and effectiveness aspects.This is research and development type using ADDIE model i.e. Analyze, Design, Development,Implementation, and Evaluation. The subjects of this research are material expert, media expert,mathematics teacher and students of class VIIA of SMP TerpaduMa’arif Muntilan. The instruments of thisresearch are the learning materials’ quality evaluation sheets for materials and media experts, teacher’sresponse questionnaire and students’ response questionnaire.The developing learning material applies problem based learning approach’s steps i.e. presentingproblems at first, exploring the problems, discussing the solution, making conclusion, and presenting thesolution. The results of learning material quality’s evaluation are: (1) The evaluation of material expertshows the total score rate is 3.56 with very good criteria. The evaluation of media expert shows the totalscore rate is 2.93 with good criteria. It is concluded that the learning material is valid. (2) The result ofstudents’ response questionnaire shows the total score rate is 3.06 with good criteria. It is concluded thatthe learning material is practical. (3) The result of students’ test shows the percentage of students who passthe test is 90%. It is concluded that the learning material is effective for learning activity.Keywords : Developing Learning Material, Problem Based Learning, Sets
Copyrights © 2016