Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI HIMPUNANUNTUK SISWA SMP KELAS VII DEVELOPING PROBLEM BASED LEARNING MATERIAL OF SETS FOR 7 TH GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Amalia Annisa (Unknown)
Heri Retnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2016

Abstract

AbstrakPenelitian  ini  bertujuan untuk  menghasilkan  bahan  ajar  dengan  pendekatan  berbasis  masalah  padamateri  himpunan  untuk  siswa  SMP  kelas  VII  dan  mengidentifikasi  kualitas  dari  bahan  ajar  yang  telahdikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  pengembangan  yang  mengacu  pada  model  pengembanganADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian iniadalah satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu guru matematika dan siswa kelas VIIA di SMPTerpadu Ma’arif Muntilan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kualitasbahan ajar untuk ahli materi dan ahli media, angket respon guru, serta angket respon siswa.Pengembangan bahan ajar menerapkan tahapan pendekatan berbasis masalah yaitu penyajian masalahdi awal, pengekplorasian masalah, pendiskusian hasil penyelesaian, penarikan kesimpulan serta penyajianhasil penyelesaian.Hasil penilaian kualitas bahan ajar adalah sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil penilaianoleh ahli materi rata-rata total adalah 3,56 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahlimedia  diperoleh  rata-rata  total  2,93  dengan  kriteria  baik  sehingga  bahan  ajar  dikategorikan  valid.  (2)Berdasarkan  angket  respon  siswa,  diperoleh rata-rata  total  3,06  dengan  kriteria  baik  sehingga  bahan  ajardikategorikan praktis. (3) Berdasarkan hasil tes siswa diperoleh persentase jumlah ketuntasan siswa adalah90% sehingga bahan ajar dapat dikategorikan efektif.Kata kunci:Pengembangan bahan ajar, Pembelajaran berbasis masalah, HimpunanAbstractThis research is aimed to produce learning material of sets using problem based learning approachfor  7thgrade  junior  high  school  students  and  to  identify  the  quality  of  the  developed  learning  materialbased on validity, practicality, and effectiveness aspects.This  is  research  and  development  type  using  ADDIE  model  i.e.  Analyze,  Design,  Development,Implementation,  and  Evaluation.  The  subjects  of  this  research  are  material  expert,  media  expert,mathematics teacher and students of class VIIA of SMP TerpaduMa’arif Muntilan. The instruments of thisresearch are the learning materials’ quality evaluation sheets for materials and media experts, teacher’sresponse questionnaire and students’ response questionnaire.The  developing  learning  material  applies  problem  based  learning  approach’s  steps  i.e.  presentingproblems at first, exploring the problems, discussing the solution, making conclusion, and presenting thesolution.  The  results  of  learning  material  quality’s  evaluation  are:  (1)  The  evaluation  of  material  expertshows the total score rate is 3.56 with very good criteria. The evaluation of media expert shows the totalscore rate is 2.93 with good criteria. It is concluded that the learning material is valid. (2) The result ofstudents’ response questionnaire shows the total score rate is 3.06 with good criteria. It is concluded thatthe learning material is practical. (3) The result of students’ test shows the percentage of students who passthe test is 90%. It is concluded that the learning material is effective for learning activity.Keywords : Developing Learning Material, Problem Based Learning, Sets

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...