Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 8, No 2 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI KONSEP STOIKIOMETRI PADA SUMBER BELAJAR KIMIA SMA

Karimatunnisa' Karimatunnisa' (Universitas Negeri Yogyakarta)
Heru Pratomo Aloysius (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi materi stoikiometri pada sumber belajar kimia SMA yang digunakan di Kabupaten Magelang serta memberikan konsep yang benar sebagai penyelesaiannya. Sumber belajar yang diteliti meliputi dua buku teks pelajaran, dua Lembar Kerja Siswa (LKS), dan sebuah handout yang dibuat oleh guru. Instrumen yang digunakan berupa lembar analisis kebenaran konsep yang berisi kisi-kisi kebenaran konsep, yaitu hukum dasar kimia, konsep mol, dan perhitungan kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada lima sumber belajar yang diteliti terdapat beberapa potensi miskonsepsi dan miskonsepsi pada konsep stoikiometri, yaitu: (1) pemilihan kata yang tidak tepat; (2) soal yang tidak kontekstual; (3) penyelesaian soal yang tidak memperhatikan urutan konsep; (4) penyelesaian soal hukum Dalton; (5) penjelasan volume molar; (6) penerapan Ar dan Mr; (7) penggunaan besaran dan satuan; (8) contoh soal yang tidak tepat pada persen komposisi unsur; (9) penyelesaian soal yang tidak lengkap pada rumus empiris; (10) penulisan rumus empiris dan rumus molekul; (11) penyelesaian soal pada rumus molekul; (12) penjelasan persamaan reaksi kimia; (13) penjelasan persen volume; (14) penggunaan lambang satuan pada atomic mass unit (amu atau Da) dan part per million (ppm).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...