Arus lalu lintas yang kompatibel adalah dua arus lalu lintas yang dapat berjalan bersamaan tanpamenyebabkan konflik. Graf kompatibel merupakan suatu graf sederhana dimana simpul dan rusuknya menunjukanpasangan objek yang kompatibel (sesuai). Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pemodelan arus lalu lintaspada setiap kaki simpang Persimpangan Jembatan Baru UGM, (2) Mengetahui keoptimalan lampu lalu lintas padasetiap kaki simpang di Persimpangan Jembatan Baru UGM, dan (3) Mengetahui rekomendasi sistem pembebasanarus lalu lintas yang optimal Persimpangan Jembatan Baru UGM berdasarkan graf kompatibel dengan pengaturandurasi waktu siklus lampu lalu lintas yang sudah diterapkan. Sistematika penelitian ini yaitu memodelkan arus lalulintas dalam bentuk graf kompatibel, menentukan subgraf lengkap yang didapat dari graf kompatibel keseluruhanarus lalu lintas Persimpangan Jembatan Baru UGM, dan menentukan durasi fase lampu hijau dengan membuatdiagram jam. Hasil penelitian beruga graf kompatibel arus lalu lintas Persimpangan Jembatan Baru UGM, waktupelayanan lampu lalu lintas yang lebih efektif dari yang sebelumnya, arus kendaraan yang belok kiri dapat berjalanbersamaan dengan arus kendaraan dari jalur lainnya, serta rekomendasi durasi fase lampu lalu lintas yang belokkiri. Persentase pengoptimalan fase lampu lalu lintas pada arus lalu lintas yang belok kiri yaitu Jl. Monjali (fasemerah berkurang 37,6% dan fase hijau bertambah 85,3%), Jl. Jembatan Baru UGM (fase merah berkurang 38,6%dan fase hijau bertambah 93,1%), Jl. AM Sangaji (fase merah berkurang 14,5% dan fase hijau bertambah 44,4%),dan Jl. Jati Mataram (fase merah berkurang 35,8% dan fase hijau bertambah 283,3%).
Copyrights © 2016