Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN PERMAINAN MULTIMEDIA INTERAKTIF POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Silfia Yulianis Silfia Yulianis (Unknown)
Bambang Sumarno H. M. Bambang Sumarno H. M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2016

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran untuk materi segiempat dansegitiga berbentuk permainan multimedia interaktif. Media pembelajaran dideskripsikan karakteristiknya danditinjau kelayakannya dari hasil evaluasi media oleh guru, respon siswa, dan hasil tes belajar. Modelpengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).Dari hasil penelitian didapatkan bahwa media layak digunakan dengan hasil evaluasi oleh guru sebesar 97,62%untuk kualitas isi dan tujuan, 90,28% untuk kualitas instruksional, dan 91,52% untuk kualitas teknis, yang masingmasing termasuk dalam kategori kelayakan sangat baik. Skor respon siswa terhadap media yang dikembangkansebesar 89,31% yang termasuk dalam kategori sangat positif dan hasil tes menunjukkan bahwa ketuntasan belajarmencapai 81,8%. Media pembelajaran yang dikembangkan memiliki karakteristik berikut: (1) kelengkapankomponen media pembelajaran, (2) kejelasan tujuan pembelajaran, (3) ketepatan dan kebenaran materi, (4)kemudahan penggunaan media, (5) ketersediaan evaluasi, (6) kualitas tampilan media, (7) terpenuhinya komponenpermainan, dan (8) bersifat interaktif.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...