Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pembelajaran Kimia

PENGARUH PENERAPAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP KEMAMPUAN INVESTIGASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Sarah Sarah (Unknown)
Regina Tutik Padmaningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui perbedaan pada kemampuan investigasi dan prestasi belajar kimia peserta didik setelahmengikuti pembelajaran dengan menggunakan praktikum berbasis virtual laboratory. Desainpenelitian ini adalah true experimental design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didikkelas XI IPA semester 2 yang berjumlah 85 peserta didik. Sampel yang digunakan pada penelitianberjumlah 56 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling.Instrumen penelitian berupa angket dan lembar portofolio untuk mengukur kemampuan investigasi,sedangkan soal prestasi belajar kimia digunakan untuk mengukur prestasi belajar kimia pesertadidik. Teknik analisis data dilakukan dengan uji MANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwatidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan investigasi dan prestasi belajar kimia antarapeserta didik kelas XI IPA di MAN II Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 yang mengikuti kegiatanpraktikum berbasis virtual lab dengan peserta didik yang mengikuti kegiatan praktikum berbasisreal lab.Kata kunci: Virtual Laboratory, kemampuan investigasi, prestasi belajar kimia.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...