AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui perbedaan pada kemampuan investigasi dan prestasi belajar kimia peserta didik setelahmengikuti pembelajaran dengan menggunakan praktikum berbasis virtual laboratory. Desainpenelitian ini adalah true experimental design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didikkelas XI IPA semester 2 yang berjumlah 85 peserta didik. Sampel yang digunakan pada penelitianberjumlah 56 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling.Instrumen penelitian berupa angket dan lembar portofolio untuk mengukur kemampuan investigasi,sedangkan soal prestasi belajar kimia digunakan untuk mengukur prestasi belajar kimia pesertadidik. Teknik analisis data dilakukan dengan uji MANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwatidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan investigasi dan prestasi belajar kimia antarapeserta didik kelas XI IPA di MAN II Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 yang mengikuti kegiatanpraktikum berbasis virtual lab dengan peserta didik yang mengikuti kegiatan praktikum berbasisreal lab.Kata kunci: Virtual Laboratory, kemampuan investigasi, prestasi belajar kimia.
Copyrights © 2018