Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 3, No 1 (2015): Tadbir Februari

PENERAPAN TEKNIK MENULIS CEPAT (SPEEDWRITING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPTIF

Ahmad, Nur Aina ( IAIN Sultan Amai Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2015

Abstract

Kemampuan menulis dalam bahasa Indonesia merupakan salah satu kemampuan vital yang harus dikuasai oleh siswa dan mahasiwa. Sebab, dalam beberapa pembelajaran yang diikutinya, selalu ditekankan agar dalam menulis karangan yang sifatnya resmi dapat menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, khususnya pembelajaran menulis di sekolah,  hal  yang menjadi pusat perhatian guru, antara lain, menentukan metode pembelajaran secara tepat. Hal ini akan berpengaruh pembelajaran dan terhadap aktivitas dan motivasi siswa saat kegiatan berlangsung. Masalah kemampuan menulis merupakan aspek yang cukup rumit karena kemampuan ini mencakup yang aspek lebih khusus, antara lain menyangkut pemakaian ejaan, struktur kalimat, kosakata, serta penyususnan paragraf. Ada intervensi guru menyangkut kriteria-kriteria yang harus dipenuhi, misalnya: penentuan topik, penentuan tema, jumlah halaman laporan dan lain-lain. Kemungkinan cara semacam ini yang membuat siswa tidak berminat dalam kegiatan dalam menulis sebab tidak adanya otonomi siswa untuk mengungkapkan gagasan yang dimiliki. Kalau belajar bahasa asing, tidak hanya harus belajar kaidah-kaidah bahasa itu, tetapi harus mencari kesempatan untuk menggunakan itu dalam tuturan. Kalau ingin mempunyai kemampuan menulis karangan harus ada usaha pembiasan karena bahasa hanya dapat dikuasai secara aktif bila membiasakan diri menggunakannya.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

tjmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is a scientific journal that published by IAIN Sultan Amai Gorontalo. This journal encompasses research articles, original research report, reviews in Islamic education in any fields including: Policy in Education, Leadership in Education, ...