Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh penerapan virtual laboratory terhadap self-regulated learning siswa dan besarnya sumbangan efektif penerapan virtual laboratory terhadap self-regulated learning siswa pada materi reaksi redoks. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi angket, lembar observasi, dan soal pretest-posttest. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test untuk mengetahui pengaruh penerapan virtual laboratory terhadap self-regulated learning siswa, sedangkan sumbangan efektif penerapan virtual laboratory dianalisis dengan effect size Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan self-regulated learning antara kelas yang menerapkan virtual laboratory dengan kelas yang tidak menerapkan virtual laboratory pada materi reaksi redoks, dimana penerapan virtual laboratory dapat meningkatkan self-regulated learning siswa. Selain itu, sumbangan efektif yang diperoleh dari penerapan virtual laboratory terhadap self-regulated learning siswa pada materi reaksi redoks yaitu sebesar 48%.
Copyrights © 2023