Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 8, No 2 (2023): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia

PENGARUH PENERAPAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP SELF-REGULATED LEARNING SISWA KELAS X PADA MATERI REAKSI REDOKS

Putri, Karinez Leony Inaya (Unknown)
Sunarto, Sunarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh penerapan virtual laboratory terhadap self-regulated learning siswa dan besarnya sumbangan efektif penerapan virtual laboratory terhadap self-regulated learning siswa pada materi reaksi redoks. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi angket, lembar observasi, dan soal pretest-posttest. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test untuk mengetahui pengaruh penerapan virtual laboratory terhadap self-regulated learning siswa, sedangkan sumbangan efektif penerapan virtual laboratory dianalisis dengan effect size Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan self-regulated learning antara kelas yang menerapkan virtual laboratory dengan kelas yang tidak menerapkan virtual laboratory pada materi reaksi redoks, dimana penerapan virtual laboratory dapat meningkatkan self-regulated learning siswa. Selain itu, sumbangan efektif yang diperoleh dari penerapan virtual laboratory terhadap self-regulated learning siswa pada materi reaksi redoks yaitu sebesar 48%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...