Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sistem optimalisasi kinerja pada antrian teller PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kantor Cabang Sleman Yogyakarta. Metode yang digunakan ialah pengambilan data dilakukan dengan mengamati dan mencatat antrian selama lima hari kerja pada pukul 09.00-12.00 wib. Setelah data terkumpul dilakukan olah data dan penentuan model antrian sampai dengan pengambilan keputusan. Model antrian yang berlaku pada Bank Mandiri Cabang Sleman Yogyakarta dinyatakan dengan notasi (M/M/c) yaitu pola kedatangan bedistribusi poisson, pola pelayanan berdistribusi eksponensial, dan terdapat fasilitas pelayanan lebih dari satu. Disiplin pelayanan yang diberlakukan adalah disiplin pelayanan First In First Out (FIFO). Penelitian ini menghasilkan model antrian (M/M/3) : (FIFO/∞/∞) yaitu pola kedatangan berdistribusi poisson, pola pelayanan bedistribusi eksponensial, dan terdapat fasilitas pelayanan (teller) sebanyak tiga orang. Disiplin antrian yang berlaku adalah first in first out (FIFO). Struktur antrian pada Bank Mandiri Cabang Sleman Yogyakarta ialah multi channel-single phase dengan ekspektasi kedatangan 0,236 nasabah per menit, ekspektasi kecepatan pelayanan 4,22 menit per nasabah, dan tingkat efektifitas kinerja sistem sebesar 33,33 %.
Copyrights © 2022