Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika

EFEKTIVITAS MODEL PENEMUAN TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Intan Fitriani (Unknown)
Himmawati Puji Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan perbandingan efektivitas dari model penemuanterbimbing dan model problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswakelas VII SMP N 2 Piyungan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian pretestposttestgroup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Piyungan tahun ajaran2016/2017 sebanyak 160 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas VII D sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimenpertama dengan model penemuan terbimbing, sedangkan siswa kelas VII C sebanyak 26 siswa sebagai kelaseksperimen kedua dengan model problem based learning. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasiketerlaksanaan pembelajaran dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika (pretest dan posttest).Uji statistik yang digunakan adalah one sample t-test dan independent samples t-test dengan = 0,05. Berdasarkanhasil uji statistik disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan model penemuan terbimbing efektif ditinjau darikemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) pembelajaran dengan model problem based learningefektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (3) model penemuan terbimbing dan modelproblem based learning sama efektifnya ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Kata kunci: penemuan terbimbing, problem based learning, pemecahan masalah

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...