Technological Pedagogical Content Knowledge
Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (September, 2018)

PENGARUH MODUL BERBASIS AUTHENTIC INQUIRY LEARNING BERMUATAN NATURE OF SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP

Aisyah Nurul Janah (Unknown)
Eko Widodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA menggunakan modul berbasis authentic inquiry learning bermuatan Nature Of Science,terhadap literasi sains peserta didik SMP. Penelitian merupakan penelitian quasy experiment dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan random sampling. Populasi dalam penelitian yaitu peserta didik kelas VII SMPN 14 Yogyakarta. Data diperoleh dari pretest-posttest dan lembar observasi literasi sains aspek konteks. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan modul berbasis authentic inquiry learning bermuatan Nature Of Science, sedangkan kelas kontrol menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan modul berbasis authentic inquiry learning bermuatan Nature Of Science berpengaruh terhadap literasi sains aspek konteks peserta didik dengan hasil uji-indepen dengan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,002. Besarnya perbedaan pengaruh literasi sains ditunjukkan dengan nilai effect size sebesar 1,44 yang masuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis lembar observasi literasi sains peserta didik pada aspek menjelaskan fenomena ilmiah masuk kategori cukup, aspek mengevaluasi penyelidikan ilmiah kategori cukup, aspek merancang penyelidikan ilmiah dengan kategori kurang, dan untuk aspek menginterpretasikan data dan bukti ilmiah kategori cukup.Kata kunci: modul, authentic inquiry learning, nature of science, science literacy

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ipa

Publisher

Subject

Education

Description

The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science ...