Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE JOYFUL EFFECTIVE LEARNING PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Indra Kusuma Wijayanti (Unknown)
Heri Retnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi segiempat dan segitiga kelas VII berupa LKS yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan model pembelajaran Active Joyful Effective Learning (AJEL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar berupa LKS yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. LKS dinyatakan valid ahli materi memberikan skor 4,2. LKS dinyatakan praktis karena guru memberikan skor rata-rata 3,5 dan siswa memberikan skor rata-rata 3,1 terhadap aspek kepraktisan. Berdasarkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis, LKS dan RPP memenuhi kriteria efektif ditunjukkan dengan kenaikan hasil belajar kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen sebesar 47,2% lebih dari kenaikan hasil belajar pada kelas kontrol dan persentase siswa yang memenuhi KKM pada kelas kontrol sebesar 62,5% dengan persentase observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93%. Hal ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.Kata Kunci : lembar kerja siswa, pendekatan kontekstual, AJEL, kemampuan komunikasi matematis

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...