Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Pendidikan Matematika

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP

Trisylia Ida Pramesti (Unknown)
Heri Retnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS dengan model Inquiry pada materi bangun ruang sisi datar yang valid, praktis dan efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan dengan rata-rata skor penilaian RPP yaitu 4,45 dari skor maksimal 5 dengan kualifikasi sangat baik dan rata-rata skor penilaian LKS yaitu 4,38 dari skor maksimal 5 dengan kualifikasi sangat baik. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan dengan rata-rata skor respon siswa sebesar 3,1 dari skor maksimal 4 dengan kualifikasi baik dan rata-rata skor respon guru sebesar 3,07 dari skor maksimal 4 dengan kualifikasi baik. Perangkat pembelajaran juga memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 85,15% dengan kualifikasi sangat baik. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif ditinjau dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah yaitu rata-rata nilai kemampuan pemecahan pada pretest yaitu 17,73 sedangkan  rata-rata nilai kemampuan pemecahan pada posttest yaitu 81,2.  Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Inquiry, Kemampuan Pemecahan Masalah

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...