DIALEKTIKA: JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA
Vol. 9 No. 1 (2022): JUNI

Pengelompokan Kosakata Bahasa Inggris yang Salah Dilafalkan oleh Para Mahasiswa dalam Sesi Perkenalan Diri

Tambunsaribu, Gunawan (Unknown)
Sianipar, Yules Orlando (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan kosakata yang memiliki ciri bunyi yang sama yang dilafalkan salah oleh para mahasiswa dan menemukan faktor yang sangat dominan membuat para mahasiswa masih sulit melafalkan kelompok kosakata tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling dalam memilih partisipan. Partisipan yang dipilih adalah 40 orang mahasiswa Universitas Gunadarma jurusan Teknik Informatika. Para partisipan adalah mahasiswa yang sedang belajar mata kuliah Bahasa Inggris Bisnis 2 di semester genap 2020-2021. Dari hasil penelitian, penulis mengelompokkan kosakata yang dilafakan salah oleh para mahasiswa ke dalam 9 kelompok kosakata berdasarkan ciri bunyi yang sama yakni; 1) Kelompok kata dengan huruf ‘gh’, 2) Kelompok kata dengan huruf ‘sh’, 3) Kelompok kata dengan huruf ‘al’, 4) Kelompok kata dengan huruf yang tak ‘e’ berbunyi, 5) Kelompok kata dengan huruf ‘ir’ , 6) Kelompok kata dengan huruf ‘k’ tak berbunyi, 7) Kelompok kata dengan huruf ‘ph’, 8) Kelompok kata dengan huruf ‘c’ berbunyi /s/, dan 9) kelompok kata dengan huruf ‘g’ berbunyi /dʒ/. Faktor yang paling mempengaruhi mahasiswa menemukan kesullitan dalam melafalkan kosakata bahasa Inggris adalah faktor bahasa pertama mereka yaitu bahasa Indonesia. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan para siswa dalam melafalakn kosakata dengan lebih baik dan fasih. Hasil penelitian ini juga dapat berguna bagi para instruktur/guru bahasa Inggris sebagai bahan materi ajar khususnya pada mata kuliah speaking dan pelafalan. Hasil penelitian ini juga dapat digunakan oleh peneliti lainnya sehubungan dengan kajian pelafalan bahasa. Kata kunci: Pelafalan Bahasa Inggris, Kelompok Kosakata, Mahasiswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dia

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

FOCUS AND SCOPE Journal of Dialektika is a professional, double-blind peer-reviewed international journal devoted to promoting scholarly knowledge and exchanging academic research and professional findings on all aspects of English such as English literature, second or foreign language (ESL/EFL) ...