Komsospol
Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 Tahun 2021

REPRESENTASI DAKWAH ISLAM PADA TAYANGAN MUSLIM TRAVELERS DI NEWS AND ENTERTAINMENT TELEVISION (NET). : REPRESENTASI DAKWAH ISLAM PADA TAYANGAN MUSLIM TRAVELERS DI NEWS AND ENTERTAINMENT TELEVISION (NET). EPISODE MUBALIGH MUDA ASAL INDONESIA DI NEW ZEALAND

Marini Marini (a:1:{s:5:"en_US"
s:33:"Universitas Muhammadiyah Kotabumi"
})



Article Info

Publish Date
06 Nov 2021

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak cara untuk menyampaikan pesan dakwah. Pemanfaatan media massa, seperti tayangan di televisi pun bisa menjadi sarana dakwah untuk menyampaikan nilai Islam dengan konsep masa kini sebagai upaya menghindari kecenderungan dakwah yang monoton. Apalagi media merupakan bagian dari alat untuk menebarkan pesan dakwah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi dakwah Islam pada tayangan Muslim Travelers di NET. Episode Mubaligh Muda Asal Indonesia di New Zealand berdasarkan model Roland Barthes dan Christian Metz. Teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes yang membahas tentang makna denotasi, konotasi, dan mitos pada suatu tayangan, serta Christian Metz yang menganalisis semiotika film pada tayangan Muslim Travelers di NET. Episode Mubaligh Muda Asal Indonesia di New Zealand. Pada penelitian ini didapatkan jika pada makna denotasi, konotasi, dan mitos menunjukkan Islam yang damai, yang pada telaah beberapa episode menemukan 6 dari 8 grand sintagmatik Metz secara keseluruhan. Kesimpulannya jika representasi dakwah Islam yang disampaikan adalah Islam yang rahmatan lil alamin, yang membawa rahmat, kasih sayang, dan menjaga hubungan baik antar sesama manusia, yaitu habluminannas. Kata kunci: Representasi, dakwah, Islam, Muslim Traveler

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

komsospol

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

KOMSOSPOL journal publishes original research and/or library analysis on Communication Studies which focuses on the study of: Media, Journalism, Public Relations, Broadcasting, Corporate Social Responsibility (CSR), Content analysis and framing, libraries and information, Marketing Communication, ...