Jurnal Konatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2023)

Apakah Realistic Mathematics Education Berpengaruh Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis?

Vera Anzani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dadang Juandi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Endang Cahya (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif sangat penting dimiliki oleh siswa terkhusus kemampuan berpikir kreatif matematis. Para peneliti di bidang pendidikan (guru dan dosen) sudah banyak melakukan penelitian dan salah satunya memilih Realistic Mathematics Education (RME) sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Dari 136 studi primer diperoleh 16 studi primer yang sesuai dengan kriteria inklusi. Selain itu, effect size yang diperoleh berdasarkan pengujian keseluruhan studi pengaruh RME terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah 0,973 dengan besar pengaruh tersebut dikategorikan berpengaruh sedang. Berdasarkan karakteristik studi pada penelitian ini ukuran sampel, jenjang pendidikan, dan demografi siswa bukan menjadi faktor heterogennya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Studi ini memberikan masukan pada guru dan dosen matematika bahwa mereka sebaiknya memilih RME sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk diterapkan terutama pada jenjang sekolah menengah atas dalam menumbuh kembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKJIP

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal publishes research and study on education management, curriculum, education assessment, education policy, education technology, learning and teaching, and ...