MOTIVASI
Vol 3, No 1 (2015)

PENGARUH SIKAP TERHADAP PRODUK FASHION DAN DISONANSI KOGNITIF PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA DI KOTA BONTANG

Waty, Ria Nugraha (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2016

Abstract

INTISARIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara sikap terhadapproduk fashion dan disonansi kognitif pada pengambilan keputusan pembelian. Sehinggaterdapat tiga pengaruh yang akan diselidiki dalam penelitian ini, yaitu: 1) Sikap Terhadap ProdukFashion dengan Pengambilan Keputusan Pembelian ; 2) Disonansi Kognitif denganPengambilan Keputusan Pembelian ; 3) Sikap Terhadap Produk Fashion dan Disonansi KognitifPada Pengambilan Keputusan Pembelian.Penelitian dikenakan kepada mahasiswa di Kota Bontang. Subyek dalam penelitian ini adalah53 mahasiswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sample random samplingdimana semua populasi dijadikan sebagai sampel karena jumlah populasi yang relatif kecil.Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitianmenunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap terhadap produk fashion denganpengambilan keputusan pembelian dengan beta = 0,350, t = 2,667, R square = 0,122 dan p =0,010. Terdapat pengaruh yang signifikan antara disonansi kognitif dengan pengambilankeputusan pembelian dengan beta = -0,542, t = -4,607, R square = 0,294 dan p = 0,000.Kemudian pada sikap terhadap produk fashion dan disonansi kognitif pada pengambilankeputusan terdapat pengaruh yang signifikan dengan F = 16,930, R square 0,404, dan p = 0,000 ABSTRACTRia Nugraha Waty, 11.11.1001.3510.001, The Influence of Attitudes Toward FashionProducts and Cognitive Dissonance on Purchase Decision Making On Student In Bontang.Thesis 2015This study aims to determine whether there is influence between attitudes towards fashionproducts and cognitive dissonance in making purchasing decisions. So there are three effectswill be investigated in this study, namely: 1) Attitudes Toward the Fashion Product PurchaseDecision Making; 2) Cognitive Dissonance with Purchase Decision Making; 3) AttitudesToward Fashion Products and Cognitive Dissonance On Purchase Decision Making.Research applied to students in Bontang. Subjects in this study were 53 students. Sampling inthis study using a sample random sampling where all population used as a sample because thepopulation is relatively small.Data analysis technique used is multiple regression analysis. The results showed asignificant difference between attitudes towards fashion products with a purchase decision withbeta = 0.350, t = 2.667, R square = 0.122 and p = 0.010. A significant difference between thecognitive dissonance with the purchase decision with beta = -0.542, t = -4.607, R square =0.294 and p = 0.000. Then in attitudes towards fashion products and cognitive dissonance in thedecision-making a significant difference with F = 16.930, R square 0.404, and p = 0.000.

Copyrights © 2015