AGRISCIENCE
Vol 4, No 2: November 2023

Analisis komparasi strategi pemasaran online dan offline tanaman anggrek di Dd Orchid Nursery Desa Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu

Rachmawati, Fifi Ayu Dwi (Unknown)
Suhirmanto, Suhirmanto (Unknown)
Budianto, Budianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2024

Abstract

Anggrek adalah salah satu komoditas tanaman hias yang dapat dikembangkan terutama di kota-kota besar di Indonesia. DD Orchid Nursery dikenal dengan sentra budidaya anggrek yang cukup besar serta sudah menerapkan pemasaran online dan offline. Namun produsen masih fokus terhadap produksi anggrek tanpa memikirkan lebih lanjut mengenai strategi pemasaran yang efektif baik dari pemasaran online maupun offline. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbandingan antara penjualan melalui pemasaran online dan offline dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam pemasaran online dan offline tanaman anggrek di DD Orchid Nursery. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan analisis data uji Mann-Whitney dan uji regresi linier berganda. Sampel kajian adalah 20 konsumen online dan 20 konsumen offline dengan menggunakan teknik quota sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara volume penjualan melalui pemasaran online dan offline pada bulan februari dan maret. Untuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada pemasaran online variabel yang mempengaruhi ialah produk, tempat, dan promosi. Kemudian untuk faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada pemasaran offline variabel yang mempengaruhi ialah produk dan harga.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

agriscience

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Agribusiness, Agriculture Economics, Social Science, Rural Development, Rural Sociology, Risk Management, Agriculture Extension, Financial Management, Marketing Management, Human Resource ...