Pendahuluan: Virtual Reality (VR) merupakan teknologi komputer untuk menciptakan dunia 3Dyang interaktif yang membuat penggunanya dapat melakukan interaksi langsung dengan suatutempat (Lingkungan), yang di simulasikan oleh komputer (Computer Simulated Environment).Simulasi ini sesuai dengan kondisi nyata yang sebenarnya, menciptakan pengalaman visual yangditampilkan pada layar komputer. Dalam kondisi pandemik Covid-19, VR dapat dijadikan salahsatu media pembelajaran mahasiswa dalam simulasi klinis yang realistis sesuai dengan lingkunganuntuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam praktik khususnya pendidikankeperawatan. Tujuan: Untuk mengetahui keefektivitas Virtual Reality (VR) dalam pendidikan keperawatan. Metode: Penelitian ini menggunakan Literatur Review dari online database UI tentang VirtualReality (VR). Dalam proses pencarian artikel diakses melalui pencarian internet data base yaituEbscho, Science Direct, Scopus, Pubmed, DOAJ, Research Gate. Dari Review Journal ditemukan10 jurnal yang ada kaitannya dengan Virtual Reality (VR). Hasil Review literature mulai daritahun 2015 sampai 2020. Hasil: Hasil Literature Review menunjukkan bahwa Virtual Realitymemiliki pengaruh dan dampak terhadap kemampuan mahasiswa untuk simulasi klinis sesuaidengan lingkungan sebenarnya dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Kesimpulan: Virtual Reality (VR) merupakan media pembelajaran simulasi yang dapatmeningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa keperawatan. Kata Kunci : Virtual Reality, Virtual Simulation, Simulation Technology NursingEducation
Copyrights © 2020