Latar belakang : Pandemik covid-19 menyebabkan perawat mengalami stress akibat emosi tidakstabil sehingga mudah marah, kelelahan, dan khawatir terpapar covid-19. Banyaknya tugas dantanggung jawab dapat meningkatkan beban kerja maka diperlukan kecerdasan emosional yangtinggi untuk menurunkan tingkat stress. Tujuan penelitian : untuk mengetahui adakah hubungankecerdasan emosional dengan tingkat stres perawat pada masa covid-19 di RSU KabupatenTangerang. Metode penelitian : menggunakan metode kuantitatif deskriptif korelasi untukmengetahui hubungan antara variabel kecerdasan emosional dengan tingkat stres perawat.Pengambilan teknik sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 107 responden.Hasil Penelitian : teknik analisa yang digunakan adalah Uji Chi-Square pada kecerdasanemosional dengan tingkat stres perawat didapatkan hasil p-value 0,000 <0,05 dengan pearsoncorrelation 0,459 yang artinya tingkat hubungan sedang. Kesimpulan : bahwa ada hubungankecerdasan emosional dengan tingkat stres perawat pada masa covid-19 di RSU Kabupaten.Saran : Perawat dapat melakukan manajemen stress, meningkatkan pengetahuan kecerdasanemosional yang tinggi untuk menurunkan tingkat stres. Kata kunci: perawat, kecerdasan emosional, stres, covid-19
Copyrights © 2022