Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal
Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal

PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN PRODUK UMKM DI KABUPATEN SUMBAWA MELALUI PEMANFAATAN E-COMMERCE

Sri Rahayu (Universitas Samawa)
Roos Nana Sucihati (Universitas Samawa)
Wahyu Haryadi (Universitas Samawa)
Nurwahida Aprilia (Universitas Samawa)
Firman Anatama Putra (Universitas Samawa)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2022

Abstract

Tantangan bagi UMKM di Tahun 2020 ini tidak hanya karena terjadinya wabah Covid-19 saja, tapi di tengah masifnya ekonomi digital yang semakin pesat saat ini menuntut para UMKM untuk melek teknologi. para pelaku UMKM yang menggunakan jasa internet atau memiliki website masih belum banyak sehingga produk atau layanan UMKM yang dipasarkan terbatas dan belum dapat menjangkau pasar-pasar diluar daerah dan pelosok karena pemasaran masih dilakukan secara konvensional. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat agar masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan e-commerce untuk pemasaran sehingga daya serap ekonomi baik di kota maupun di desa akan tersebar merata dan berdaya serap semakin tinggi sehingga pada akhirnya bisa meningkatkan kemakmuran ekonomi di daerah tersebut dan memberikan peluang lapangan kerja agar dapat mengentaskan tingkat kemiskinan. Metode yang digunakan dengan memberikan sosialisasi manfaat e-commerce untuk meningkatkan kinerja pemasaran produk UMKM. Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan pelatihan tentang metode pemanfaatan e-commerce dalam pemasaran produk UMKM.penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar pada pada hari Senin, 03 Mei 2021. Sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa dan dosen FEM UNSA serta pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan diawali. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa melalui kegiatan pemberdayaan UMKM dalam memanfaatkan e-commerce untuk pemasaran ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan pemasaran melalui e-commerce sehingga daya serap ekonomi baik di kota maupun di desa akan tersebar merata dan berdaya serap semakin tinggi sehingga pada akhirnya bisa meningkatkan kemakmuran ekonomi di daerah tersebut dan memberikan peluang lapangan kerja agar dapat mengentaskan tingkat kemiskinan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpml

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Artikel yang dimuat pada Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal (JPML) adalah hasil pengabdian kepada masyarakat yang meliputi: biologi, klimatologi, agronomi, ilmu tanah, arsitektur lanskap, proteksi tanaman, kedokteran hewan, gizi dan kesehatan masyarakat, keluarga dan konsumen, teknologi industri, ...