Tujuan penelitian yaitu: (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika berbasis Tik Tok pada materi kalor; (2) mengetahui respon mahasiswa terhadap kepraktisan media pembelajaran fisika berbasis Tik Tok pada materi kalor. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and development (R&D) dengan menerapkan model 4D (Defire, Design, Develop, Desiminate). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner. Subjek dalam penelitian yaitu mahasiswa yang menempuh perkuliahan Fisika Dasar 2 yang terdiri atas 10 orang mahasiswa dan 2 orang dosen fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran fisika berbasis Tik Tok sudah layak digunakan dalam pembelajaran fisika dengan hasil validasi 89,38%; media pembelajaran fisika berbasis Tik Tok praktis digunakan berdasarkan hasil penilaian mahasiswa dengan skor 73%. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran fisika berbasis Tik Tok layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran fisika.
Copyrights © 2021