DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Vol. 4 No. 1: MARET 2024

Perancangan UI/UX Sistem Informasi Dosen (SIM-DOS Piksi Ganesha) Menggunakan Metode Design Thinking

Nurhasanah, Amalina (Unknown)
Kusumadiarti, Rini Suwartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Politeknik Piksi Ganesha memiliki beberapa sistem yang dapat digunakan dalam mempermudah kegiatan akademik, salah satunya adalah akses terhadap Sistem Informasi Manajemen Dosen (SIM-DOS). Website SIM-DOS merupakan aplikasi sistem informasi yang diakses secara online oleh Dosen aktif Piksi Ganesha dalam membantu para dosen melakukan pengelolaan data diri terkait Tridharma Perguruan Tinggi antara lain: Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Abdimas). Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yaitu: Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Test sebagai kerangka kerja dalam menyusun atau menyelesaikan masalah dalam penelitian. Implementasi Design Thinking pada UI/UX SIM-DOS memanfaatkan karakteristik pengguna melalui tool User Persona dan pengujian menggunakan Usability Testing. Perancangan design antarmuka (interface) menggunakan Figma. Secara keseluruhan rancangan UI/UX pada penelitian ini digunakan untuk meminimalisir permasalahan sistem SIM-DOS yang sedang berjalan dalam menunjang kebutuhan para dosen melalui sistem desain antarmuka yang ideal. Design thinking yang diimplementasikan dalam SIM-DOS ini diharapkan dapat mengindetifikasi masalah dan kekurangan beberapa fitur dengan cepat sehingga dapat menjadi rekomendasi bagi developer dalam pengembangan sistem website SIM-DOS menjadi lebih baik. Prototype dari design yang telah dirancang dalam mengetahui perilaku user pengguna aplikasi SIM-DOS dimulai dari mendaftar dan membuat akun baru hingga melakukan unggah pada dokumen dan capaian luaran berhasil dirancang dengan kemudahan-kemudahan pada fiturnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

decode

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi adalah jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi FKIP Universitas Muhammadiyah Kendari. Terbitan dimulai pada bulan Maret 2021 dalam bentuk versi online. Jurnal ini terbit 2 kali setahun yaitu periode Maret dan ...