Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS)
Vol. 1 No. 1 (2022): Januari 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 8 REJANG LEBONG

Lenda Faniati (Universitas Muammadiyah Bengkulu)
Nasral Nasral (Universitas Muammadiyah Bengkulu)
Pariyanto Pariyanto (Universitas Muammadiyah Bengkulu)
Nopriyeni Nopriyeni (Universitas Muammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Teams Achiement Division (STAD) dengan menggunakan media Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 8 Rejang Lebong. Metode yang digunkan dalam penelitian ini merupakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) sample yang diambilsecara random sampling sehingga didapat 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen yaitu X MIA 1 berjumlah 26 orang dan kelas control yaitu X MIA 3 berjumlah 27 orang. Desain penelitian yang digunakan Randomized control group pretest-posttest design. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata sebesar 76,92, dan kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata sebesar 68,51. Berdasarkan hipotesis dapat disimpulkan model pembelajaran Student Teams Achiement Division (STAD) dengan menggunakan media Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 8 Rejang Lebong.Kata Kunci : Student Teams Achiement Division (STAD), Mind Mapping, Hasil Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRIPS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS) terbit sejak tahun 2022, diterbitkan dua kali dalam satu tahun. Merupakan jurnal penelitian yang menyajikan artikel-artikel dalam 2 bidang ilmu yaitu pendidikan sains (Kurikulum, Inovasi, Media, Assesment, Evaluasi, Manajemen dan Kebijakan, studi ...