Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Teams Achiement Division (STAD) dengan menggunakan media Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 8 Rejang Lebong. Metode yang digunkan dalam penelitian ini merupakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) sample yang diambilsecara random sampling sehingga didapat 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen yaitu X MIA 1 berjumlah 26 orang dan kelas control yaitu X MIA 3 berjumlah 27 orang. Desain penelitian yang digunakan Randomized control group pretest-posttest design. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata sebesar 76,92, dan kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata sebesar 68,51. Berdasarkan hipotesis dapat disimpulkan model pembelajaran Student Teams Achiement Division (STAD) dengan menggunakan media Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 8 Rejang Lebong.Kata Kunci : Student Teams Achiement Division (STAD), Mind Mapping, Hasil Belajar
Copyrights © 2022