Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang berkembang di kalangan siswa terkait kedisiplinan dalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan kedisiplinan belajar adalah dengan menerapkan pelatihan self management. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran empiris mengenai efektivitas pelatihan self management dalam meningkatkan disiplin belajar siswa SMPK St. Yohanes Tilang yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari siswa laki-laki dan siswa perempuan. Penelitian dilakukan dengan desain penelitian one group pre post test design. Instrumen yang digunakan adalah angket disiplin belajar. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t dan program SPSS 16.00 for windows untuk mengukur uji beda pre test sebelum pemberian perlakuan dan post test sesudah pemberian perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum disiplin belajar siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tasikmalaya berada pada kategori sedang. Pelatihan manajemen diri efektif dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.
Copyrights © 2024