Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen industri Tahu Afifah. Penelitian ini telah dilaksanakan di industri Tahu Afifah pada bulan Desember 2020 sampai dengan bulan Maret 2021, dan teknik penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Chi-Square, dan untuk menghitung nilai skor pada kuisioner digunakan Skala Likert. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa preferensi konsumen industri Tahu Afifah dipengaruhi oleh semua atribut yang diamati, yang terdiri dari rasa, tekstur, ukuran, dan daya tahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis Chi-Square semua atribut yang diamati memiliki nilai hitung sebesar 2.267 dengan derajat kebebasan (df) sebesar 3. Jika dibandingkan dengan nilai tabel dengan tingkat signifikasi sebesar 25% dengan derajat kebebasan sebesar 3, maka hitung 2.267 > tabel 1.212, ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa atribut tahu yang diamati mempengaruhi preferensi konsumen dalam mengkonsumsi Tahu Afifah. Adapun urutan atribut dari yang paling dipertimbangkan konsumen sampai dengan yang kurang dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk Tahu Afifah yaitu atribut rasa, tekstur, daya tahan, dan ukuran.
Copyrights © 2022