Jurnal Digital Media dan Relationship
Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Digital Media & Relationship

STRATEGI IDENTITAS DIGITAL: ANALISIS PERSONAL BRANDING DI PLATFORM TIKTOK

Antonius Felix (Universitas Bunda Mulia)
Dimas Okta Briyanti (Universitas Bunda Mulia)
Felix Melvin Young (Universitas Bunda Mulia)
Ivan Livaro (Universitas Bunda Mulia)
Willian Wijaya (Universitas Bunda Mulia)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Media sosial TikTok memiliki dampak yang signifikan pada cara interaksi dan akses informasi. Penelitian ini menggunakan Teori Personal Branding untuk mengidentifikasi karakter pribadi yang membentuk minat dalam menciptakan persepsi positif melalui konten menarik sebagai hiburan tren masa kini. Fokus penelitian ini adalah untuk melakukan analisis personal branding dari content creator TikTok @siscakohl. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan studi kasus terhadap penggunaan aplikasi TikTok. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, melakukan studi dokumentasi, serta wawancara. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa adanya perbedaan usia pada pengguna TikTok yang berpengaruh terhadap pembentukan personal branding narasumber. Penggunaan TikTok dimanfaatkan sebagai cara dalam meningkatkan rasa percaya diri, pengembangan keterampilan, kreativitas, ciri khas, serta membangun citra publik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdigital

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Digital Media & Relations memfokuskan pada tulisan-tulisan yang memuat penelitian dan pemikiran kekinian di bidang Ilmu Komunikasi dalam berbagai sudut pandang / perspektif termasuk: 1. Media Baru dan Teknologi Komunikasi 2. Media dan Jurnalisme 3. Komunikasi Terapan 4. Hubungan Masyarakat 5. ...