Penelitian ini bertujuan untuk dua hal utama. Pertama, untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung pada siswa kelas III di SDN 224 Inpres Lekoboddong. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar, membaca, menulis, dan berhitung pada siswa kelas III di SDN 224 Inpres Lekoboddong. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian meliputi satu guru dan lima belas siswa kelas III di SDN 224 Inpres Lekoboddong. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berhasil mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan berhitung dengan memberikan motivasi kepada siswa, memberikan bimbingan tambahan, dan menjalin kerja sama yang baik dengan siswa. Faktor pendukung dalam upaya guru ini mencakup menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, menggunakan media pembelajaran yang sesuai, dan mendapatkan dukungan dari pihak sekolah. Namun, faktor penghambat yang diidentifikasi termasuk beberapa siswa yang kurang fokus dalam belajar serta kurangnya motivasi dan dukungan dari orang tua.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023