Keberhasilan pendidikan disekolah sangat ditentukan oleh kinerja gurunya, disamping memiliki kinerja yang baik, guru dituntut memiliki konsep diri dan kepuasan kerja yang baik pula. sebagai seorang pemimpin harus mampu mengetahui keberhasilan sebuah sekolah yang dipimpinnya ciptakan hubungan yang baik dengan guru, berikan rasa aman dan nyaman bagi guru agar sekolah bisa lebih maju. Adapun Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) hubungan antara konsep diri dengan kinerja guru SMAN I Langowan, (2) hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja guru SMAN I Langowan, dan (3) hubungan antara konsep diri dan kepuasan kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru SMAN I Langowan. Dan penelitian ini mengambil populasi sebanyak 60 orang guru dimana itu akan menjadi sampel penitian dengan menjalankan angket dengan model skala Likert sebagai salah satu persyaratan untuk mengji norrmalitas, linearitas dan independensi antar variabel bebas. Uji persyaratan dilakukan untuk menguji normalitas, linearitas, dan independensi antar variabel bebas. Teknik analisis data digunakan korelasi dan regresi sederhana dan korelasi dan regresi ganda pada taraf signifikansi = 0,05. Melalui penelitian yang telah dilakukan maka peneliti menyimpulkan hasil penelitiannya adalah : (1) hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan kinerja guru diperoleh angka korelasi sebesar 0,540 dan koefisien determinannya sebesar 0,291 dengan persamaan garis regresinya Ŷ= 42,71 + 0,54X1 (2) hubungan yang signifikan antara kepuasan kerja dengan kinerja guru dengan angka korelasi sebesar 0,570 dan koefisien determinannya sebesar 0,324 dengan persamaan garis regresinya Ŷ= 25,79 + 0,51X2 (3) hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kepuasan kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru dengan angka korelasi sebesar 0,755 dan koefisien determinannya sebesar 0,570 dengan persamaan garis regresinya Ŷ= 3,37 + 0,506X1 + 0,484X2. Di samping itu juga ditemukan sumbangan relatif dari variabel konsep diri terhadap kinerja guru sebesar 47,3% dan sumbangan relatif dari variabel kepuasan kerja terhadap kinerja guru sebesar 52,7%. Sedangkan sumbangan efektif dari variabel konsep diri terhadap variabel kinerja guru sebesar 28,7% dan sumbangan efektif dari variabel kepuasan kerja terhadap variabel kinerja guru sebesar 32%. Kata kunci : Konsep Diri, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru
Copyrights © 2023