Economics and Digital Business Review
Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January

Pengaruh Penggunaan Financial Technology Dan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Di Kota Batam

Delis, Delis (Unknown)
Lestari, Emi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

Pengaruh Financial Technology dan Media Sosial terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kota Batam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Financial Technology dan Media Sosial terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kota Batam. Jenis penelitian yang digunukan adalah penelitian kuantitatif pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini terdapat dua variable yaitu Financial Technology dan Media Sosial sebagai variable independen dan Peningkatan Pendapatan UMKM sebagai variable dependen. Populasi penelitian ini adalah pemilik usaha UMKM sebanyak 81.486 orang kemudian ditarik sampel sebanyak 130 orang dalam penelitian ini. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Studi dokumen merupakan metode pengumpulan data kuantitatif sejumlah besar fakta dan data tersimpan dalam bahan yang berbentuk dokumentasi Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi linear berganda dan Uji kualitas data. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil regresi liner berganda yang menunjukkan persamaan Y = 0,098 + 0,324X1+ 0,689X2 dan berdasarkan hasil uji koefisien determinasi penerapan financial technology dan media sosial terhadap peningkatan pendapatan adalah r = 0,784. Nilai koefisien determinasi (r²) faktor ini mempunyai nilai sebesar 0,609 atau 60,9% sisanya 39,1% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak di masukkan dalam model penelitian ini. Hal ini terbukti degan uji statistik menunjukkan bahwa nilai thitung = 4,217 lebih besar dari tabel = 1,979 dari hasil perhitungan yang diperoleh maka diketahui bahwa variable Financial Technology dan Media Sosial mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM dan hipotesis dapat diterima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...