Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model inkuiri terbimbing dan mendeskripsikan peningkatan rasa ingin tahu siswa dengan menggunakan model inkuiri terbimbing pada pembelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunaka Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Cibeureum Hilir 3 sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil angket pada prasiklus memperoleh persentase sebesar 39,91%, siklus I 69,02%, dan siklus II 86,25%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SDN Cibeureum Hilir 3 tahun ajaran 2022/2023.
Copyrights © 2023