eL.Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar
Vol 7 No 2 (2023): Desember

METAKOGNISI SEBAGAI ALAT KESADARAN DALAM MENERAPKAN HOTS DI PROSES DAN EVALUASI PEMBELAJARAN

Regi Damayanti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Erlangga Kusuma Yudha (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia)
Ratna Sari Dewi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Pendidikan di abad 21 ini menuntut peserta didik memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk bisa menyelesaikan masalah sehari-hari. Cara mengukur sejauh mana peserta didik sudah mampu menganalisa dan mengaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari bisa melalui pemberian soal-soal jenis High Order Thinking Skills (HOTS). Namun fakta di lapangan, penerapan HOTS masih rendah. Soal-soal yang sering dijumpai di lapangan masih menyasar pada jenis Low Order Thinking Skills (LOTS). Dalam proses pembelajaran juga cenderung pemberian pertanyaan untuk memastikan peserta didik memahami apa yang dibaca masih menggunakan jenis berpikir tingkat rendah. Hal ini dikarenakan masih rendahnya kesadaran guru terhadap soal-soal yang dibuat terhadap tujuan utamanya. Maka dari itu, diperlukan strategi dalam membantu peserta didik mencapai jenis berpikir HOTS serta diperlukan kemampuan metakognisi baik guru maupun siswa untuk dapat menyadari dan mengatur strategi berpikir dalam mengelola informasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eL-Muhbib

Publisher

Subject

Education

Description

eL-Muhbib merupakan jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar dengan ISSN Print: 2614-1051, Online: 2716-5019, yang diterbitkan setiap dua kali setahun oleh Prodi S1 PGMI Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah sejak tahun 2017 sebagai media informasi dan pembahasan seputar ...