Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 1, No 1 (2023): Juni 2023

Pola Pengasuhan Orang Tua dan Peran Guru dalam Pendidikan Awal Anak

Riko Putra (PT. Visi Nusantara Pilarindo Indonesia (Survey Institute))



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

AbstrakPendidikan awal anak diawali dari lingkungan keluarga yang berperan penting dalam membentuk karakter dan perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan menganalisis gaya pengasuhan orang tua sebagai pendidikan awal dan mengungkap upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi perkembangan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method yang menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif, dilakukan di Bukittinggi dan Agam, Sumatera Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data dengan pendekatan campuran kuantitatif dan kualitatif, serta menggunakan metode studi kasus. Populasi adalah wanita yang belum menikah berusia sembilan sampai 64 tahun dan laki-laki berusia 10 sampai 30 tahun. Sampel 100 orang mewakili berbagai keluarga di Kota Bukittinggi dan Agam, Sumatera Barat.  Subjek dipilih dengan sengaja untuk mengeksplorasi dinamika pengasuhan pada tahap perkembangan kritis. Melalui pendekatan ini, diketahui bagaimana gaya pengasuhan orang tua berdampak pada karakter dan perkembangan anak pada tahap transisi menuju masa remaja. Hasil penelitian menyoroti beragam pola pengasuhan orang tua yang dipengaruhi oleh faktor pekerjaan, kesibukan, dan Pendidikan orang tua. Pola-pola tersebut di antaranya mendukung namun menuntut, mendukung namun tidak menuntut, menuntut namun tidak mendukung, dan mendukung dan menuntut. Maka, direkomendasikan langkah-langkah menerapkan teori perkembangan siswa, mendorong kolaborasi antara guru dan orang tua, serta mengimplementasikan strategi pengajaran yang efektif. Kata Kunci : Pola Pengasuhan, Pedagogi, Pendidik AbstractChildren's early education begins with the family environment which plays an important role in shaping the character and development of children. This study aims to analyze parenting styles as early education and reveal the efforts made by teachers in dealing with student development. This study uses an approachmix method which combines quantitative and qualitative methods, conducted in Bukittinggi and Agam, West Sumatra. Data collection is done by observation, interviews, and documentation. The stages of data analysis used a mixed quantitative and qualitative approach, and used the case study method. The population is unmarried women aged nine to 64 years and men aged 10 to 30 years. A sample of 100 people represents various families in the City of Bukittinggi and Agam, West Sumatra. Subjects were chosen deliberately to explore parenting dynamics at critical developmental stages. Through this approach, it is known how parenting styles impact on the character and development of children in the transitional stage towards adolescence. The results of the study highlight a variety of parenting patterns that are influenced by work, busyness, and parental education. These patterns include supporting but demanding, supporting but not demanding, demanding but not supporting, and supporting and demanding. Thus, steps are recommended applying student development theory, encouraging collaboration between teachers and parents, and implementing effective teaching strategies.Keyword : Parenting Style, Pedagogic, Teachers

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

almarsus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

FOCUS This journal aims to contribute to the advancement of knowledge and practices in the management of Islamic education by showcasing innovative approaches, research findings, and case studies that cater to the diverse needs of education practitioners, policymakers, and researchers in the field. ...