Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas perkembangan anak telah menyebar di seluruh dunia, salah satunya KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan). Alat ini mudah dipahami dan banyak digunakan oleh peneliti di bidang Kesehatan anak Indonesia untuk mengetahui perkembangan pada anak. Metode Penelitian Rancangan penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian deskriftif dengan tujuan utama yaitu untuk mengetahui penilaian perkembangan pada anak usia 60-72 bulan dengan metode Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) di TK Murni Asih Cikunir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Hasil dan Pembahasan pemeriksaan Kuesioner Pra Skrening Perkembangan ( KPSP ) terhadap 58 siswa-siswi TK Murni Asih Cikunir Singaparna kabupaten Tasikmalaya didapatkan hasil 55 anak dengan hasil Kuesioner Pra Skrening Perkembangan ( KPSP ) sesuai dengan usia anak, dan 3 anak dengan hasil KPSP meragukan dan tidak ada anak yang menyimpang perkembangannya. pemeriksaan Kuesioner Pra Skrening Perkembangan ( KPSP ) terhadap 58 siswa-siswi TK Murni Asih Cikunir Singaparna kabupaten Tasikmalaya didapatkan hasil 55 anak dengan hasil Kuesioner Pra Skrening Perkembangan ( KPSP ) sesuai dengan usia anak, dan 3 anak dengan hasil KPSP meragukan dan tidak ada anak yang menyimpang perkembangannya. Kesimpulan Pemeriksaan Kuesioner Pra Skrening Perkembangan ( KPSP ) terhadap 58 siswa-siswi TK Murni Asih Cikunir Singaparna kabupaten Tasikmalaya di dapatkan hasil perkembangannya normal. Saran Di harapkan kepada orang tua anak melakukan pemerikaan perkemnangan anak secara rutin, tidak hanya sekali saja, terutama untuk anak mulai 4 bulan samapai usia 72 bulan. Keyword : perkembangan anak, KPSP
Copyrights © 2024